Penelitian ini berangkat dari keprihatinan penulis bahwa hasil belajar mahasiswa sangat rendah dan kurang memuaskan. Salah satu alternatif solusi peningkatan kualitas pembelajaran ialah melalui metode pembiasaan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan pembiasaan refleksi dalam proses pembelajaran mata kuliah metode belajar efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada mahasiswa. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) pada mahasiswa semester I. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode tes, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, implementasi metode pembiasaan refleksi dalam proses perkuliahan berjalan dengan lancar. Antusiasme mahasiswa sangat nampak dalam keterlibatan dan keseriusan mereka dalam menuliskan dan mensharingkan hasil refleksinya. Kedua, pembiasaan refleksi yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil tes baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus satu, rata-rata hasil tes mahasiswa meningkat dari 6,2 menjadi 7,2, sedangkan pada siklus II meningkat dari 7,3 menjadi 8,0. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Copyrights © 2016