Jurnal Ulul Albab
Vol 23, No 1 (2019): Januari

PENERAPAN TEKNIK COFFEE HOUSE BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA

Humaira Humaira (Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Siti Lamusiah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Isnaini Isnaini (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP, Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Coffee house ini diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Stephen Soifort (2016) dengan tujuan mendesain kelas speaking dalam bentuk yang lebih natural. Ruangan kelas dan mahasiswa akan di set sedemikian rupa menyerupai model café atau resto. Mereka kemudian akan diminta duduk bersama, sebanyak 2 orang atau lebih yang sedang membicarakan topic-topik umum yang biasa diperbincangkan oleh orang-orang yang saling kenal satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah; (a) untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik coffee house berbasis CTL dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa di mata kuliah speaking, (b) untuk menganalisis tingkat efektifitas, manfaat, kelebihan dan kekurangan dari penggunaan teknik coffee house berbasis CTL dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa di mata kuliah speaking. Peneliti menggunakan pre-experimental design dimana sample hanya satu kelas dengan sekali pre-test dan sekali post-test tanpa adanya kelas control sebagai pembanding. Adapun desain yang ingin ditawarkan adalah salah satu pendekatan Pre-experimental yaitu pre-test and post-test group design mengadopsi model yang ditawarkan Borg and Gall (1983: 682). Penelitian akan dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Jumlah keseluruhan populasi di semester III Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 1 kelas total keseluruhan 17 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik “coffee house” dalam meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa bisa disimpulkan “efektif”. Hal ini dibuktikan dengan hasil score pre-test maupun post-test mahasiswa yaitu, nilai t-test adalah 5.313, konsultasi pada t-table di 99 % menunjuk pada angka 2.60, dapat disimpulkan bahwa perbandingan t-test dan t-table adalah 5.313 ≥ 2.60 atau dengan kata lain hasil test mahasiswa melampaui standar capaian minimum.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JUA

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Ulul Albab merupakan jurnal yang memuat karya tulis berupa penelitian maupun pengembangan keilmuan pada bidang ilmu-ilmu Sains, ilmu-ilmu sosial dan Humaniora berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah ...