RAUDHAH
Vol 8, No 1 (2020): Raudhah

Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta

Winda Nuri Adinda (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sri Wahyuni (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Khotimatul Majidah S (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2020

Abstract

Pembelajaran kreativitas sangat penting dinilai menggunakan penilaian autentik. Melalui penilaian autentik pengalaman anak dalam konteks dunia nyata dapat direalisasikan dalam pembelajaran kreativitas. Penilaian autentik dapat berarti dan sekaligus menjamin objektivitas, nyata, benar-benar hasil tampilan peserta didik, akurat, dan bermakna. Jadi dengan menggunakan model peneilaian autentik dalam kerja pengukuran hasil pembelajaran kreativitas, hal itu sekaligus menjamin keadaan dan informasi yang sebenarnya tentang anak. Skor atau nilai yang diperoleh seorang anak sekaligus menunjukkan kompetensi yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan di TK An-Nur I yang beralamat di Jl. Solo Km.9 Kembang, Maguwoharjo, Sleman, DIY. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatis deskriptif. Penulis dapat mengetahui realita dan fakta yang sebenarnya mengenai pelaksanaan penilaian autentik di TK An-Nur I. Dari objek-objek yang ditemukan dilapangan baik itu berupa karya, prestasi, metode pembelajaran, dan penilaian menggunakan penilaian autentik dalam pembelajaran kreativitas bahwa guru banyak melakukan penilaian berdasarkan hasil karya anak.

Copyrights © 2020