Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6 No 2 (2019)

Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga

Novi Rahmawanti (Unknown)
Mohan Taufiq Mashuri (FKIP UNISKA MAB Banjarmasin)
Nurjanah Nurjanah (FKIP UNISKA MAB Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di MA Raudhatusysyubban. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah total 119 siswa. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas dimana kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XU MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan bentuk soal pilihan ganda. Analisis data terdiri dari validasi isi, validitas butir soal, uji realibilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, uji  hipotesis, dan uji N-Gain secara berturut-turut. Sampai pada tahap uji hipotesis diketahui bahwa ada pengaruh signifikan media scrapbook terhadaphasil belajar siswa, dengan perolehan nilai thitung > ttabel (2.34 ˃ 2,007). Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,7124 sedangkan kelas ekperimen 0,776. Hal ini menunjukkan bahwa kelas ekseprimen mengalami peningkatan hasil belajar setelah mendapatkan perlakuan dengan mengunakan media scrapbook.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

NATURAL

Publisher

Subject

Education

Description

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education ...