Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 9, No 2 (2019)

Efektivitas hasil belajar IPS melalui penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas IV SDN Ende 5 dan SDI Ende 10

Ancelmus Paschalis Mbudja (Prodi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Djoko Adi Walujo (Teknologi Pendidikan, PPS Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Sugito Sugito (Teknologi Pendidikan, PPS Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Ende 5 dan SDI Ende 10 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 95 siswa di mana sampel ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes tertulis untuk mengukur hasil belajar IPS. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball throwing memperoleh skor rerata 80,83 dan siswa dengan metode konvensional memperoleh skor rerata 63,62. Selain itu, hasil uji t dalam taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa t-hitung (11,117) > t-tabel (1,985). Hal ini mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan metode konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...