Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA POWER POINT

Amalia, Wa Ode Nurnela (Unknown)
Ili, La (Unknown)
Amaluddin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

SMAN I Kusambi salah satu sekolah di Muna Barat yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar geografi yang masih terbilang rendah, hal ini dikarenakan kurang lebih hanya mancapai 60% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X IIS I SMA Negeri 1 Kusambi yang di ajar dengan penerapan pendekatan saintifik berbantuan media power point pada materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan; 2) Untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru pada kelas X IIS I SMA Negeri 1 Kusambi yang di ajar dengan penerapan pendekatan saintifik berbantuan media power point pada materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas X IIS I SMA Negeri I Kusambi yang di ajar dengan penerapan pendekatan saintifik berbantuan media power point pada Materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan. Penelitian ni merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik penggumpulan data menggunakan obsevasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik berbantuan media power point terjadi peningkatan yaitu: 1) aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 1,2 pada siklus II meningkat menjadi 3,1; 2) aktivitas mengajar guru pada siklus I  2,48 pada siklus II meningkat menjadi 3,1; dan 3) hasil belajar siswa siklus I  60% atau ketuntasan 16 orang siswa dari 27 orang siswa pada siklus II meningkat menjadi  89% atau ketuntasan sebanyak 24 orang dari 27 orang siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...