Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY

Mahasadin, Asis (Unknown)
Amaluddin, La Ode (Unknown)
Harudu, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

SMAN 1 Pasir Putih adalah salah satu sekolah di Kabupaten Muna yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar Geografi yang masih rendah, hal ini dikarenakan hanya 56% yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X IIS2 di SMA Negeri 1 Pasir Putih yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry pada materi pokok Siklus Hidrologi, mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry pada materi pokok Siklus Hidrologi serta Meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X IIS2 SMA Negeri 1 Pasir Putih yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry pada materi pokok Siklus Hidrologi. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan model Inquiry: aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,2 berkategori baik, aktivitas mengajar guru meningkat dengan skor rata-rata 3,6 berkategori baik dan hasil belajar geografi siswa Kelas X IIS2 SMAN 1 Pasir Putih meningkat dari rata-rata skor 69 menjadi rata-rata skor 78, dengan ketuntasan belajar 81% yang ? 72 sesuai dengan KKM yang ditentukan sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...