Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI DINAMIKA ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN

Fatriadi, Fatriadi (Unknown)
Surdin, Surdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Buton yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar siswa masih rendah, ketika sebelum mengikuti remedial untuk mencapai nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together; (2) untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru yang mengajar dengan menerapkan model Numbered Heads Together; (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas 1 SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan yang diajar dengan menggunakan Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siklus 1 sebesar 2,8 dan termasuk pada kategori cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 3,4 dalam kategori baik; (2) Aktivitas mengajar guru siklus 1 skor rata-rata aktivitas mengajar guru adalah 2,7 yang termasuk ketegori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,5 yang berkategori baik; (3) Peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus II, dimana peningkatan sebesar 18,52% yang diperoleh dari selisih antara presentase ketuntasan siklus 1 dan siklus II, dinamakan pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar sebesar 76,79 dengan presentase ketuntasan sebesar 78,95% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar sebesar 77,16 dengan presentase ketuntasan sebesar 89,47%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...