Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 7, No 3 (2019)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYIMPANAN DAN PENEMUAN KEMBALI ARSIP PADA SISWA KELAS X OTKP 1 SMKN MOJOAGUNG

CHOIRUNNISA, IMA (Unknown)
PUSPASARI, DURINTA (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa dan guru kelas di X OTKP 1 pada saat penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan menganalisis peningkatan kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip sistem subjek melalui penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran kearsipan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X OTKP 1 SMKN Mojoagung. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, tes objektif (pretest dan posttest), kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dalam penerapan metode pembelajaran demonstrasi, lembar pengamatan aktivitas guru dalam penerapan metode pembelajaran demonstrasi, lembar tes hasil belajar untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dalam penguasaan materi dengan soal yang sudah tervalidasi, lembar penilaian kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip sistem subjek serta dokumentasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip sistem subjek siswa mengalami perubahan setelah diterapkan metode pembelajaran demonstrasi, dilihat dari pengamatan aktivitas siswa, pada siklus I rata-rata sebesar 2,50; siklus II 2,66; siklus III 3,44 dan aktivitas guru pada siklus I rata-rata sebesar 2,50; siklus II 3,09; siklus III 3,80. Peningkatan kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip setiap siswa, pada siklus I dengan perolehan rata-rata 2,43; siklus II 2,88 dan siklus III 3,50.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...