Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 7, No 4 (2019)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SEMESTER GENAP KELAS XI MP DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU

NUR LAILA, YUNI (Unknown)
SRI WULANDARI, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2019

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dari buku ajar siswa berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan semester genap kelas XI MP di SMK Negeri 1 Boyolangu, mengetahui kelayakan buku ajar siswa berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan semester genap kelas XI MP di SMK Negeri 1 Boyolangu, dan mengetahui respon siswa terkait buku ajar siswa berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan semester genap kelas XI MP di SMK Negeri 1 Boyolangu yang dikembangkan. Jenis penelitian ini R&D dengan model pengembangan 4-D. Hanya saja dalam penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian yaitu validator ahli materi, bahasa, dan kegrafikan serta melakukan uji coba terbatas kepada 18 siswa kelas XI MP 4 di SMK Negeri 1 Boyolangu. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, bahasa, kegrafikan, dan lembar angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, bahasa, dan kegrafikan serta lembar respon siswa yang ditunjukkan dengan penilaian yang didasarkan skala likert. Hasil dari penelitian Buku Ajar Siswa berbasis pendekatan saintifik mata pelajaran Humas dan Keprotokolan disesuaikan pada proses pengembangan model 4-D. Hasil dari validasi menunjukkan bahawa buku ajar siswa berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan pada kelayakan isi memperoleh persentase 78%, kelayakan penyajian memperoleh persentase 79,4%, kelayakan kebahasaan memperoleh persentase 88,57%, dan kelayakan kegrafikan memperoleh persentase 100%. Diperoleh keseluruhan hasil dari validasi ahli yaitu 86,4% yang berarti masuk ke dalam kriteria sangat layak dan hasil respon siswa diperoleh 99,53% termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Didasarkan hasil kelayakan, didapatkan bahwa buku ajar siswa berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan semester genap kelas XI MP di SMK Negeri 1 Boyolangu telah dinyatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Buku Ajar Siswa, Pendekatan Saintifik, Humas dan Keprotokolan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...