Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 6, No 3 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS X OTKP SMK YASMU GRESIK

Faridah, Ruviatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja kelas X OTKP SMK YASMU Gresik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YASMU Gresik tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (Eksperimen Semu) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP di SMK YASMU Gresik, dimana kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 53,6, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 55,6. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 86,8, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 83,6. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 33,2, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 28. Berdasarkan hasil analisis uji t posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 2,244 dengan taraf signifikansi sebesar 0,029. Sedangkan nilai ttabel diketahui sebesar 2,011. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,029 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 2,244 > 2,011. Sementara berdasarkan hasil analisis uji t selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 2,236 dengan taraf signifikansi sebesar 0,030. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 2,011 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,030 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 2,236 > 2,011. Berdasarkan hasil uji t di atas, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja kelas X OTKP SMK YASMU Gresik, dimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran experiential learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran experiential learning. Kata Kunci : Model Pembelajaran Experiential Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...