ScienceEdu : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 2 No 1 (2019)

PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMPN 1 MAYANG KELAS IX

Rohmah Juwita Sari (University of Jember)
Anjar Putro Utomo (University of Jember)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2019

Abstract

Abstrak: motivasi siswa untuk cenderung aktif dalam belajar keaktifan di pengaruhi oleh proses belajar mengajar guru. Proses pembelajaran sangat memerlukan keaktifan siswa, tanpa adanya keaktifan siswa maka pembelajaran terkesan membosankan. Keaktifan siswa sebagai unsur terpenting dalam pembelajaran, karena keaktifan akan berpengaruh besar pada keberhasilan proses pembelajaran Proses pembelajaran yang baik akan selalu melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran sehingga dapat membangkitkan motivasi siswa, yang pada akhirnya siswa akan memperoleh prestasi belajar yang optimal. Guru sebagai pembimbing pada dasarnya merupakan upaya membantu siswa yang mengalami masalah belajar agar dapat mengembangkan segenap potensi yang dimilikinya melalui hubungan interpersonal yang akrab dan saling percaya. Guru berusaha membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya, membimbing siswa agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga dengan ketercapaian itu mereka dapat tumbuh dan berkembang sebagai individu yang mandiri dan produktif. Kata Kunci: Keaktifan, problem based learning,

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Scedu

Publisher

Subject

Education Other

Description

ScienceEdu journal is a journal for all of researches in science education field which is established by Science Education, University of Jember. ScienceEdu will support science education researches that focus on curriculum of science education included its policy and regulation, science teaching ...