Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
Vol. 3 No. 01 (2016): JURNAL AKUNTANSI (JA) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG

PENERAPANAKUNTANSI JASA PADA ALAMANDA LOUNGE BANDAR UDARA EL-TARI KUPANG

NURSALAM SIDIK (Unknown)
MUNAWAR (Unknown)
FAUZIYAH LAMAYA (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan akuntansi jasa pada perusahaan Alamanda LoungeBandara El-tari Kupang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumberdata yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Analis data dalam penelitian ini menggunkan analisisdeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perusahaan Alamanda Lounge sebelumnya jugamenyusun laporan keuangan dengan cara sederhana yaitu (Pendapatan-Pengeluaran = Sisa Saldo) tidakdiolah ke buku jurnal kemudian ke buku besar yang akhirnya dilaporkan pada laporan keuangan. Darisistem akuntansi yang sederhana ini akan berdampak pada lemahnya informasi yang disajikan dalamlaporan keuangan. Berdasarkan hasil Analisis Alamanda Lounge dari Laporan rugi/laba per 31 Maret2015 diketahui bahwa total pendapatan sebesar Rp.107.060.000,- dan total biaya sebesar Rp.68.820.000,-sehingga labanya adalah sebesar Rp. 38.240.000,-.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang (JA-UMK) diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang secara berkala setiap empat bulan yakni bulan Januari, Mei, dan September (tiga kali terbit setiap tahun). Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk ...