JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Abdul Kadir (Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah): Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APT Program Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK Negeri 1 Woja.

JIIP, Redaksi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2018

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Woja disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor dari siswa dan faktor dari guru. Hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2014/2015 memperoleh nilai rata-rata 5,1 dan tahun pelajaran berikutnya memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 5,3. atau dengan kata lain ketuntasan secara klasikal masih dibawah standar yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu minimal 85%. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas, dilakukan dengan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, angket, dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5% dengan rata-rata kelas 8,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar pada siswa kelas X APT SMK Negeri 1 Woja dapat terjadi peningkatan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...