JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan

MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN TANTANGANNYA

Yuyun Elizabeth Patras (Pascasarjana Universitas Pakuan)
Agus Iqbal (Guru Bahasa Arab MTs. Assalam, ²Kepala SDN Kopo 03)
Papat Papat (Unknown)
Yulia Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian literatur. Hasil dari kajian ini yaitu MBS adalah suatu strategi desentralisasi pengambilan keputusan pendidikan dengan melibatkan orang tua, siswa, guru, pejabat, dan masyarakat untuk mencapai otonomi, fleksibilitas, partisipasi, kemandirian, tanggung jawab, dan akuntabilitas sekolah. Indikator keberhasilan MBS yaitu meliputi dukungan kepala sekolah, guru, sumber keuangan yang cukup, komitmen yang jelas, tanggung jawab, keterampilan dan kualifikasi pejabat sekolah, rencana yang tepat, tanggung jawab, dan akuntabilitas. Keberhasilan implementasi MBS memerlukan adanya sosialisasi, keterbukaan, motivasi, dan penyatuan visi. Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Indikator keberhasilan, Kualitas Pendidikan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...