Journal of Business Management Education (JBME)
Vol 1, No 1 (2016)

PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada pembeli smartphone Nokia series X di BEC Bandung)

Nurrahman, Indra (Unknown)
Utama, Dian Herdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2016

Abstract

Ketatnya persaingan dalam memperebutkan pasar yang begitu kompentitif antar produsen diindustri telekomunikasi dalam kategori smartphone saat ini menyebabkan berbagaipermaslahan, salah satunya konsumen dihadapkan pada beberapa pilihan merek denganproduk dari perusahaan yang bersaing di industri telekomunikasi dalam kategori smartphone.Oleh karena itu agar tetap mampu bersaing perlu melakukan strategi variasi produk agardapat menarik perhatian konsumen sehingga dapat mempengaruhi konsumen dalammelakukan keputusan pembelian.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran dimensi variasi produk pembelismartphone Nokia series X di BEC Bandung, mengetahui gambaran keputusan pembeliansmartphone Nokia series X di BEC Bandung, mengetahui temuan mengenai seberapa besarpengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian pada pembeli smartphone Nokiaseries X di BEC Bandung. Objek/unit analisis smartphone Nokia series X di BEC Bandung.Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah variasi produk dan variabel terikat (Y) padapenelitian ini adalah keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif,verifikatif, dan metode yang digunakan explanatory survey dengan teknik yang digunakansystematic random samplin, dengan jumlah sampel sebanyak 100 pembeli. Teknik analisadata yang digunakan adalah path analysis dengan alat bantu software komputer SPSS 20.0.hasil yang diperoleh dalam penelitian menyatakan bahwa dimensi variasi produk berpengaruhsecara simultan terhadap keputusan pembelian pada pembeli smartphone Nokia series X diBEC Bandung sebesar 63,5%. Sedangkan pengaruh secara parsial menunjukkan bahwadimensi ukuran memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan pengaruh dimensi lainnyaseperti harga, tampilan, dan bahan-bahan.Berdasarkan hasil penelitian malalui analisis jalur terdapat pengaruh yang signifikan daridimensi variasi produk terhadap keputusan pembelian pada pembeli smartphone Nokia seriesX di BEC Bandung, yaitu 1) ukuran, 2) harga, 3) tampilan, dan 4) bahan-bahan. Pengaruhkedua variabel ini memiliki pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun secaraparsial.Penulis merekomendasikan agar perusahaan membuat produk dengan variasi produk secaralebih menarik, sehingga keputusan pembelian meningkat

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JBME

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Journal of Business Management Education (JBME) with the registered number e-issn 2715-3037 and p-issn 2715-3045 is an online journal of undergraduate student in Pendidikan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Publishing every three times a year in May, ...