Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan
Vol 4, No 1 (2016): Januari

Pelaksanaan Pembelajaran PAILKEM Di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang

Kulsum, Umi (Unknown)
Pantiwati, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2020

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to investigate and analyze how implementation PAILKEM in SDN Kauman 1. The four aspects studied were: (1) How is implementation PAILKEM learning in SDN Kauman 1 Malang, subdistrict Klojen, (1) What is the enabler and barrier, (3) What school efforts/strategies to handle it and (4) What is the impact. This research used a qualitative research method. The results showed PAILKEM implementation in SDN Kauman 01 schools have been begun in 2007. PAILKEM implementation in SDN Kauman 01 has strengths, weaknesses, opportunities, and threats. Then the enabler factors in the implementation of PAILKEM in SDN Kauman 01, among others (1) educators and education, (2) infrastructure, (3) BOS funds and parents fund participation and (4) school management strategies. Strategies to overcome barriers are (1) increase the professionalism of teachers, (2) Conducting additional lesson activities. Finally, the impact generated is increasing student achievement.Keywords: Implementation, Learning, PAILKEM Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelaksanaan PAILKEM di SDN Kauman 1. Ada empat aspek yang diteliti yaitu : (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PAILKEM di SDNKauman 1 Kecamatan Klojen Kota Malang­, (1) Apa menjadi pendukung dan penghambat, (3) Bagaimanakah upaya/strategi sekolah dalam mengatasinya dan (4) Bagaimanakah dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan PAILKEM di SDN Kauman 01 sudah dilaksanakan sekolah tahun 2007. Kondisi pelaksanaan PAILKEM di SID Kauman 01 memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kemudian Faktor pendukung pelaksanaan PAILKEM di SDN Kauman 01, antara lain (1) tenaga pendidik dan kependidikan,(2) sarana dan prasarana , (3) dana BOS dan dana partisipasi wali murid, (4) Strategi manajemen sekolah. Strategi untuk mengatasi hambatan  adalah (1) meningkatkan profesionalisme guru, (2) Mengadakan kegiatan pelajaran tambahan. Terakhir, dampak ditimbulkan adalah prestasi siswa semakin meningkat.Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran, PAILKEM

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, adalah jurnal open access. Diterbitkan oleh Magister Pedagogi yang sebelumnya bernama Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Terbit dua kali dalam satu volume, pada bulan April dan Oktober. Berisi tulisan ilmiah ...