Sampai saat ini hasil belajar antara siswa yang satu dengan siswa yang lain hendaknya memiliki kesamaan, berdasarkan dari kenyataan bahwa hasil belajar siswa yang satu dengan siswa yang lain ternyata berbeda, hal tersebut diperkuat sesuai dengan data yang diperoleh dari Dapodikdas Dinas Pendidikan Kab.Kotim pada bulan Desember 2015, jumlah peserta UN Sekolah Menengah Atas (SMA) dari sekolah Negeri maupun sekolah Swasta tahun pelajaran 2015/2016, dari jurusan IPS ada 1032 peserta dan yang tidak lulus 5 peserta. Dari data di atas, hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Noehi Nasution (Syaiful Bahri Djamarah, 2008:195) yang menyatakan bahwa kecerdasan intelektual (IQ), sekitar 25% hasil belajar disekolah dapat dijelaskan dari IQ, sedangkan 75% di pengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain yaitu dari faktor eksternal salah satunya adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah merupakan bagian item dari faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS SMA negeri dan swasta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil Ujian Tengah Semester (UTS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang bersekolah di Negeri dan Swasta.
Copyrights © 2017