Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan

PENERAPAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGATASI RENDAH DIRI SANTRIWATI

Agus Heriyanto (Unknown)
Gita Anggraini (Unknown)
Nur Purnama Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk membantu mengatasi rendah diri pada salah satu santriwati di SMP Darul Amin Sampit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah LR. Tempat penelitian di SMP Darul Amin Sampit. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terstruktur.. Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi rendah diri LR adalah 64,2% dan sesudah pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) rendah diri LR berkurang menjadi 14,2%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Other

Description

Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit adalah salah satu jurnal yang menghadirkan kajian dan penelitian tentang ilmu pendidikan yang hangat diperbincangkan saat ini dengan berbagai problematikanya. ...