Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

M Qahfi (STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT)
Norhayatun Norhayatun (STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT)
Rahmadani Rahmadani (STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPSs di kelas VII SMP Negeri 9 Sampit. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, antara lain observasi, wawancara dan tes. Kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: nilai rata-rata dari pra tindakan, siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata prestasi pada kegiatan pra tindakan ialah mencapai 69. Nilai rata-rata prestasi post test pada siklus I mencapai 72. pada siklus II nilai rata-rata prestasi post test yaitu 77. nilai rata-rata prestasi post test pada pra tindakan, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan. Persentase keberhasilan siswa dalam pra tindakan, siklus I maupun siklus II juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 24 dalam siklus I meningkat menjadi 27 dan dalam siklus II kembali meningkat menjadi 32 siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Other

Description

Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit adalah salah satu jurnal yang menghadirkan kajian dan penelitian tentang ilmu pendidikan yang hangat diperbincangkan saat ini dengan berbagai problematikanya. ...