Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 42, No.1 (2012)

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PASCABENCANA ERUPSI MERAPI

Sutama Sutama (FKIP UMS)
Sabar Narimo (UMS)
Haryoto Haryoto (UMS)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2012

Abstract

Penelitian tahun pertama ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pengajaran matematika yang dilakukan oleh guru sekolah dasar. Secara lebih spesifik, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas dan media dan bahan pembelajaran dan interaksinya dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Secara keseluruhan, penelitian ini dilakukan dalam rangka penelitian dan pengembangan (R D), tetapi untuk tahun pertama, digunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui metude alur. Temuan penelitian ini adalah: (1) pengelolaan kelas dan media yang dilakukan dengan tepat membuat pembelajaran matematika efektif, produktif, dan menumbuhkan motivasi untuk pemahaman konsep; (2) Pengelolaan bahan pembelajaran secara holistik menghasilkan hasil yang optimal dan berfikir reflektif bagi siswa; (3) pengelolaan interaksi membuat proses pembelajaran hidup dan menyenangkan dan akhirnya menghasilkan pencapaian tujuan pembelajaran

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...