JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 2, No 1 (2014): June 2014

Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Filsafat Ilmu

Sutiman Sutiman (Jurdik Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta)
Antuni Wiyarsi (Jurdik Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta)
Erfan Priyambodo (Jurdik Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran kooperatif yang paling efektif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan Filsafat Ilmu serta mengetahui profil hasil belajar kognitif mahasiswa. Penelitian dilaksanakan sebagai penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 38 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Filsafat Ilmu. Siklus pertama dengan penerapan metode STAD dan siklus kedua dengan metode Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif metode Jigsaw pada perkuliahan Filsafat Ilmu lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa dibandingkan dengan penerapan metode STAD. Profil hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan Filsafat Ilmu dengan penerapan metode STAD untuk kriteria baik sebanyak 18,42%, kriteria cukup 23,68% dan kriteria kurang sebanyak 62,86%. Adapun dengan penerapan metode Jigsaw untuk kriteria sangat baik 2,63%, baik 18,42%, dan cukup sebanyak 78,94%.Kata kunci: pembelajaran kooperatif, STAD, jigsaw, aktivitas belajar, motivasi

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...