JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 2, No 2 (2014): December 2014

Desain Aturan Sinus dan Aturan Cosinus Berbasis PMRI

Rika Firma Yenni (Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNSRI)
Yusuf Hartono (Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNSRI)
Ratu Ilma Indra Putri (Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNSRI)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas, prosedur, dan strategi serta perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) dalam merumuskan aturan sinus dan cosinus melalui pembelajaran dengan pendekatan PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia). Subjek penelitian ini adalah 38 siswa kelas X1 SMAN 6 Prabumulih. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, rekaman video, dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan segitiga sebagai starting point dalam merumuskan aturan sinus dan cosinus melalui PMRI. Perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) terjadi melalui aktivitas siswa dalam mengeksplorasi segitiga dalam pembelajaran dengan pendekatan PMRI.Kata kunci: aturan sinus dan aturan cosinus, segitiga, design research, PMRI

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...