JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 2, No 1 (2014): June 2014

Analisis Kebutuhan Guru Kimia terhadap Program Pelatihan Peningkatan Keterampilan Inkuiri dan Scaffolding Berbasis Blended Learning

Sukisman Purtadi (S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Anna Permanasari (S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Omay Sumarna (S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Wahyu Sopandi (S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2014

Abstract

Telah dilakukan analisis kebutuhan (need assessment) untuk melihat kebutuhan para guru kimia di SMA pada pelatihan untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan scaffolding. Analisis kebutuhan ini dilakukan untuk menjaring informasi mengenai kondisi guru dan harapan guru berkaitan dengan program pelatihan, penggunaan internet, metode pembelajaran inkuiri, dan program pelatihan yang akan dikembangkan. Analisis kebutuhan ini dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan secara random pada guru SMA. Angket terdiri dari 52 butir pertanyaan terbuka dan semi-terbuka. Analisis dilakukan terhadap 24 angket yang terkumpul. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan guru mengenai inkuiri masih perlu ditingkatkan dengan proses pelatihan berbasis blended learning yang menekankan materi yang langsung dapat digunakan guru kimia di dalam kelas mereka. Hasil dari analisis ini dijadikan sebagai salah satu dasar dalam menyusun program pelatihan berbasis blended learning.Kata kunci: analisis kebutuhan, pelatihan, inkuiri, scaffolding, blended learning

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...