Jurnal Edukasi Elektro
Vol. 1 No. 2 (2017): Jurnal Edukasi Elektro, Volume 1, Nomor 2, 2017

EVALUASI SISTEM PENANGKAL PETIR EKSTERNAL DI GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rohani, Rohani (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem penangkal petir (SPP) eksternal yang telah terpasang dan untuk mengetahui efektifitas sistem penangkal petir konvensional dengan elektrostatis. Dalam penelitian ini metode evaluasi dilakukan dengan metode pengumpulan data dan analisa data. Metode pengumpulan data terdiri dari: 1) Observasi, 2) Pengukuran, 3) Studi pustaka, dan 4) Wawancara. Analisa data terdiri dari: 1) Kebutuhan, bangunan akan proteksi petir, 2) Menentukan radius proteksi, 3) Konduktor penyalur, dan 4) Terminasi bumi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan gedung tertinggi gedung Rektorat UNY sangat memerlukan adanya sistem penangkal petir dengan tingkat proteksi petir level III, 2) Penggunaan penangkal petir konvensional dengan metode sudut proteksi masih membutuhkan peningkatan proteksi berupa penambahan batang penangkal petir sebanyak 27 batang, sedangkan penggunaan  penangkal petir elektrostatis  berdasarkan analisa perhitungan standar NFC 17-102 memiliki radius 100 m, namun sudah mampu melindungi keseluruhan gedung Rektorat UNY dan daerah sekitarnya, dan 3) Konduktor penyalur dan terminasi bumi baik penangkal petir konvensional maupun elektrostatis keseluruhan sudah memenuhi standar. Kata kunci: Penangkal Petir Eksternal, Penangkal Petir Elektrostatis, Penangkal Petir Konvensional

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Edukasi Elektro is a open access peer reviewed research journal that is published by Electrical Engineering Education Department - Faculty of Engineering - Yogyakarta State University. Edukasi Elektro is providing a platform for the researchers, academicians, professional, practitioners and students ...