Jurnal Penelitian Humaniora
Vol 22, No 1: April 2017

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ILUMINASI NASKAH BABAD PECINNA

Venny Indria Ekowati (FBS UNY)
Sri Hertanti Wulan (FBS UNY)
Aran Handoko (FBS UNY)
Nur Hanifah Insani (FBS UNY)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan representasi simbol-simbol dalam naskah Babad Pecinna, dan (2) menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam iluminasi naskah Babad Pecinna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian filologi dan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian filologi digunakan karena sumber data merupakan manuskrip Jawa. Metode kualitatif digunakan untuk menjelaskan representasi simbol yang digunakan dalam iluminasi naskah-naskah Jawa. Sumber data penelitian ialah iluminasi (wedana renggan) yang terdapat dalam naskah Babad Pecinna koleksi Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan analisis hermeneutik dan heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerenggan yang tergambar dalam teks antara lain mulai dari kuncup bunga dan bunga yang sedang mekar yang menunjukkan sebagai penggambaran pola kehidupan. Rerenggan bunga yang sedang mekar jika dikaitkan dengan isi teks melambangkan adanya keindahan dalam cerita tersebut seperti watak baik seorang pemimpin sebagai cerminan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang terkandung di dalam iluminasi naskah Babad Pecinna adalah (1) kesucian hati seorang pemimpin, (2) kerendahan hati, (3) karakter berani, (4) karakter kepemimpinan berwibawa dan disegani oleh rakyat, dan (5) religius

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

humaniora

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Humaniora is published by Institute of Research and Community Service, Universitas Negeri Yogyakarta Jurnal Penelitian Humaniora publishes articles of non educational research and issues related to humanity (culture, language, arts, social ...