ISTORIA
Vol 11, No 1 (2015): ISTORIA Edisi Maret 2015, Vol. 11, No.1

PENGEMBANGAN MEDIA BLOG SEJARAH UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

M. Nur Rokhman (Unknown)
Sardiman Sardiman (Unknown)
Rendra Pramandanu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media dan Bahan ajar Blog Sejarah  pada materi  masuknya  Hindu Buddha di Indonesia untuk pembelajaran  SMA  dan (2) mengetahui kelayakan Blog sejarah tersebut berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan  (Research and Development) melalui 10 langkah pengembangan, yaitu: (1) potensi masalah, (2) mengumpulkan informasi/ data, (3) design produk, (4) validasi design, (5) perbaikan design, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) pembuatan produk. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Blog sejarah materi Hindu Buddha untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Berdasarkan penilaian ahli materi produk akhir Blog sejarah ini memperoleh skor rerata 81,2%, penilaian dari ahli media produk ahir Blog sejarah memperoleh skor rerata 80,8% kemudian produk tahap ahir dari guru memperoleh 84,4% dan dari siswa 82,9%. Keseluruan rata rata adalah 82,2% dengan kategori sangat baik. Kata kunci : Media Blog, Blog sejarah, Hindu Buddha

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

istoria

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Istoria is a high quality research journal that is published by History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS). Journal Istoria is providing a platform that welcomes ...