DIKSI
Vol. 24 No. 1: DIKSI MARET 2016

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PICTURE STORIES DAN METODE VOCABULARY GAMES DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS RECOUNT PESERTA DIDIK SMP N DI KECAMATAN SLEMAN

Kurniawati, Rika (Unknown)
Widyantoro, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiprestasi membaca peserta didikyang diajar menggunakan media picture stories, metode vocabulary games, dan metodetradisional dan perbedaan yang signifikan dalam prestasi membaca antara peserta didikyang diajar menggunakan media picture stories dan metode vocabulary games denganpeserta didik yang diajar menggunakan metode tradisional. Jenis penelitian ini adalahquasi experiment dengan desain pretest-posttest, nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di seluruh SMP Negeri dikecamatan Sleman. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling.Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik Kruskal-WallisTest. Penelitianini menunjukkan hasil: media picture stories, metode vocabulary games dan metodetradisional efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks recount dan ada perbedaanyang signifikan dalam prestasi membaca antara siswa yang diajar menggunakan mediapicture stories, metode vocabulary games, dan metode tradisional dalam pembelajaranmembaca teks recount.Kata Kunci: picture stories, vocabulary games, membaca teks recount

Copyrights © 2016