Jurnal Ilmiah WUNY
Majalah WUNY XVI Nomor 1, Januari 2014

MEMBELAJARKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PENGETAHUAN DAUR HIDUP MANUSIA JAWA

Sekar Purbarini Kawuryan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2015

Abstract

Secara konsepsional, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD dekat dengan lingkungan. Oleh karena itu, pembelajaran IPS SD seharusnya memanfaatkan secara optimal potensi lingkungan agar lebih bermakna. Kenyataannya, hal ini belum dilakukan sebagian besar guru. Pembelajaran IPS SD cenderung tidak kontekstual. Potensi lingkungan setempat, khususnya budaya lokal, belum dimanfaatkan guru secara optimal dalam proses pembelajaran. Pembelajaran tetap mengutamakan pengembangan aspek intelektual dengan buku teks pegangan guru menjadi sumber belajar utama. Beberapa kesimpulan hasil penelitian menunjukkan hal ini, antara lain Pargito di Lampung (2000: 112), Samion di Kalimantan Barat (2002: 25), serta Sasongko (2004:3) maupun Sapri (2000: 16) di Bengkulu. Hal ini mengakibatkan siswa kurang mengapresiasi budayanya.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...