Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala yang dialami mahasiwa dalam penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni kerajinan, strategi pembimbingan yang efektif untuk peningkatan kualitas penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni kerajinan dan mendeskripsikan penulisan laporan penelitan yang berkualitas. Metode Penelitian ini merupakan studi kasus untuk mengungkap kasus-kasus yang bersifat spesifik pada individu, kelompok, atau lembaga yang dilakukan secara intensif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan yang akan atau sedang menulis proposal TAS di bidang pendidikan dan pembelajaran seni kerajinan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan perlunya upaya yang lebih terprogram untuk menyiapkan mahasiswa dalam menulis tugas akhir skripsi bidang pendidikan dengan lebih cepat dan lebih baik. Kesiapan mahasiswa dalam menulis proposal masih ditemukan multi kelemahan mulai dari masalah terkait metodologi penelitian, penulisan maupun subtansi keilmuan seni kerajinan. Untuk itu diperlukan workshop penulisan proposal penelitian untuk menyiapkan mahasiswa lebih awal menyusun proposal dengan baik.Proses pembimbingan skripsi terkendala oleh sulitnya bertemu dengan dosen pembimbing, dan masih ditemukan masalah teknis dalam hal penguasaan bahasa dan penulisan iulmiah yang baik dan benar. Untuk itu perlunya penataan mata kuliah metodologi penelitian dan seminar agar lebih banyak memberikan wawasan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dengan baik. Diupayakan setiap mata kuliah baik teori maupun praktik memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membaca dan menulis dalam bentuk paper, resume, analisis dan sebagainya untuk dipresentasikan.
Copyrights © 2015