Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
Vol 14, No 2 (2016): IMAJI OKTOBER

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI INTERAKSI KELAS PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

Mudjilah, Hanna Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan upaya  peningkatan prestasi belajar mahasiswa melalui interaksi kelas pada mata kuliah metodologi penelitian pendidikan seni musik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap-tiap siklus terbagi dalam 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan monitoring, serta analisis dan refleksi. Dari kedua siklus ini telah dilakukan dengan baik. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan nilai hasil belajar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah metodologi penelitian pendidikan seni musik dari rata-rata kelas pada pra siklus 61.289 meningkat menjadi 66.553 pada akhir siklus 1, terjadi peningkatan prestasi sebesar 5.264 point. Hal ini dirasakan belum mencapai tujuan penelitian. Kemudian dilanjutkan pada siklus 2 dengan hasil pada akhir siklus 2 yaitu dari rata-rata akhir siklus 1 (66.553) meningkat pada akhir siklus 2 (76,816), atau terjadi peningkatan sebesar 10.263 point. Hal ini dirasakan sudah cukup dan telah mencapai tujuan penelitian. Nilai kelulusan berada di atas 75% dari nilai kelulusan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

imaji

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

IMAJI is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). IMAJI is published twice a year in April and October by the Faculty of Languages and Arts of Universitas ...