Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) variasi penerapan strategi pada pembelajaran bahasa Jepang berbasis kurikulum 2013 revisi di kelas X SMA Negeri 1 Kerambitan, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pada pembelajaran bahasa Jepang, (3) cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pada pembelajaran bahasa Jepang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Kerambitan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru menggunakan pendekatan saintifik seperti tahap mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Variasi strategi yang digunakan adalah strategi diskusi, strategi lagu, strategi tanya jawab, strategi drill, strategi permainan, strategi information gap, dan strategi role play. (2) Guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dengan memberikan rewards kepada siswa, menggunakan strategi lagu dan permainan, dan menggunakan media lainnya yang menarik.Kata Kunci : Kurikulum 2013, strategi pembelajaran, variasi 本研究ã®ç›®çš„ã¯ã€(1) クランビタン高ç‰å¦æ ¡ã«ãŠã‘る日本語授æ¥ã§ã®å¦ç¿’法ã®ãƒãƒ©ã‚¨ãƒ†ã‚£ãƒ¼ã‚’説明ã™ã‚‹ã€(2) 日本語å¦ç¿’ã®å•題点を記述ã™ã‚‹ã€(3) å•題点を解決ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。研究ã®é€€æ‰€è€…ã¯ã€ã‚¯ãƒ©ãƒ³ãƒ“ã‚¿ãƒ³ã®æ—¥æœ¬èªžæ•™å“¡ã§ã‚る。データã¯ã€è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューåŠã³æ–‡æ›¸åŒ–ã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€å®šæ€§çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã™ã‚‹ã€‚çµæžœã€(1) 教員ã¯è¦³å¯Ÿã€è³ªå•ã€æƒ…å ±åŽé›†å®Ÿé¨“ã€é–¢è»Šä»˜ã‘情報処ç†ã€ã‚³ãƒŸãƒ¥ãƒ‹ã‚±ãƒ¼ã‚·ãƒ§ãƒ³ã®å´é¢ã‚’å‚™ãˆãŸç§‘å¦çš„ãªã‚¢ãƒ—ãƒãƒ¼ãƒãŒã•れã¦ã„る。ã¾ãŸã€ã‚¹ãƒˆãƒ©ãƒ†ã‚¸ãƒ¼ã®ãƒãƒ©ã‚¨ãƒ†ã‚£ãƒ¼ã¯ãƒ‡ã‚£ã‚¹ã‚«ãƒƒã‚·ãƒ§ãƒ³ã€éŸ³æ¥½ã€ãƒ‰ãƒªãƒ«ã€ã‚²ãƒ¼ãƒ ã€ã‚¤ãƒ³ãƒ•ォメーションガップã€ãƒãƒ¼ãƒ«ãƒ—レイã€Q&AãŒä½¿ç”¨ã™ã‚‹ã€‚(2) 授æ¥ã«ãŠã‘ã‚‹å•題点ã¨ã—ã¦ã€å¦ç¿’者ã«è‡ªä¿¡ãŒãªã„ã€å¦ç¿’者ã®ç‰¹æ€§ã€å¦ç¿’手段ã§ã™ã€‚(3)å•題点ã®è§£æ±ºæ–¹æ³•ã¨ã—ã¦ã€å ±å¥¨ã‚’与ãˆã‚‹ã€æŒã¨ã‚²ãƒ¼ãƒ ã®ã‚¹ãƒˆãƒ©ãƒ†ã‚¸ãƒ¼ã‚’使用ã€ã»ã‹ã®ãŠã‚‚ã—ã‚ã„メディアを使用ã™ã‚‹ã€‚keyword : 2013年カリã‚ュラムã€å¦ç¿’法ã€ãƒãƒ©ã‚¨ãƒ†ã‚£ãƒ¼
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019