Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru bahasa Jepang di kelas IX IPB SMA Wirabhakti Singaraja dalam pembelajaran bahasa Jepang. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Wirabhakti Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang di SMA Wirabhakti Singaraja sudah melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Guru melakukan pengelolaan kelas dengan menerapkan pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pengelolaan kelas, dan komponen-komponen keterampilan pengelolaan kelas. Dalam melakukan pengelolaan kelas guru tidak menggunakan pendekatan ancaman dan pendekatan resep serta prinsip keluwesan. Hal tersebut dikarenakan tingkah laku siswa di kelas masih bisa diatasi dengan baik oleh guru. Selain itu untuk mereaksi tingkah laku siswa disesuaikan dengan keadaan yang terjadi di kelas.Kata Kunci : Pendekatan, prinsip, komponen æœ¬ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ã‚¦ã‚£ãƒ©ãƒã‚¯ãƒ†ã‚£ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£é«˜æ ¡ã® XI IPBã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®æ—¥æœ¬èªžæ•™å¸«ãŒæ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã«ãŠã„ã¦æ•™å®¤ç®¡ç†ã‚’ã©ã®ã‚ˆã†ã«å®Ÿæ–½ã™ã‚‹ã‹ã‚’説明ã™ã‚‹ã“ã¨ã‚’目的ã¨ã—ã¦ã„ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã¯ã€å®šæ€§çš„記述方法を使用ã—ã¦åˆ†æžã•ã‚Œã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ã‚¦ã‚£ãƒ©ãƒã‚¯ãƒ†ã‚£ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£é«˜æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžæ•™å¸«ã ã£ãŸã€‚データåŽé›†ã¯ã€è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ãŠã‚ˆã³æ–‡æ›¸åŒ–ã®æ–¹æ³•ã«ã‚ˆã£ã¦è¡Œã‚れる。ãã®çµæžœã¯ã€ã‚¦ã‚£ãƒ©ãƒã‚¯ãƒ†ã‚£ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£é«˜æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžæ•™å¸«ãŒæ•™å®¤ã‚’ã†ã¾ã管ç†ã—ã¦ã„ãŸã“ã¨ãŒã‚ã‹ã£ãŸã€‚教師ã¯ã€æ•™å®¤ç®¡ç†ã€ã‚¯ãƒ©ã‚¹ç®¡ç†ã®åŽŸå‰‡ã€ãŠã‚ˆã³æ•™å®¤ç®¡ç†ã‚¹ã‚ルã®è¦ç´ ã«ã‚¢ãƒ—ãƒãƒ¼ãƒã‚’é©ç”¨ã™ã‚‹ã“ã¨ã«ã‚ˆã‚Šã€æ•™å®¤ç®¡ç†ã‚’実施ã™ã‚‹ã€‚教室ã®ç®¡ç†ã§ã¯ã€æ•™å¸«ã¯è„…å¨ã‚¢ãƒ—ãƒãƒ¼ãƒã€ãƒ¬ã‚·ãƒ”アプãƒãƒ¼ãƒã€æŸ”軟性ã®åŽŸå‰‡ã‚’ä½¿ç”¨ã—ãªã„。ã“れã¯ã€ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®ç”Ÿå¾’ã®è¡Œå‹•ãŒæ•™å¸«ã«ã‚ˆã£ã¦ä¾ç„¶ã¨ã—ã¦é©åˆ‡ã«å‡¦ç†ã•れるãŸã‚ã 。応ç”ã™ã‚‹ãŸã‚ã«è¡Œã‚れるアクション生徒ã®è¡Œå‹•ã¯ã€ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã§ç™ºç”Ÿã™ã‚‹çжæ³ã«åˆã‚ã›ã¦èª¿æ•´ã•れる。`keyword : アプãƒãƒ¼ãƒã€åŽŸå‰‡ã€è¦ç´
Copyrights © 2019