Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek dan model perbandingan lintas budaya pada buku teks. Penelitian ini merupakakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa buku teks bahasa Jepang tingkat SMA yaitu buku Nihongo Kirakira 2 terbitan dari The Japan Foundation. Objek penelitiannya adalah perbandingan lintas budaya dalam buku Nihongo Kirakira 2. Data dikumpulkan melalui metode pustaka dengan instrumen penelitian berupa kartu data. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 12 materi budaya. Budaya yang diperkenalkan yaitu budaya yang berkaitan dengan sistem kemasyarakatan, struktur kebahasaan, sekolah, pekerjaan, kedisiplinan manajemen waktu, kemahiran, teknologi, properti dan alam. Budaya yang dipaparkan lebih banyak mengenalkan budaya terkait aspek sistem kemasyarakatan. Pemaparan budaya pada buku ini dipaparkan seacara eksplisit dengan mengintegrasikan budaya ke dalam empat keterampilan berbahasa dengan cara meminta siswa untuk menuliskan perbandingan lintas budaya pada lembar kerja siswa yang tersedia.Kata Kunci : budaya, buku Nihongo Kirakira 2, perbandingan lintas budaya 本研究ã®ç›®çš„ã¯ã€ã€æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ2】教科書ã«ä»˜ã比較文化的ãªãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆã«ã¤ã„ã¦è¿°ã¹ãŸã‚‚ã®ã§ã‚る。対象ã¯The Japan Foundation発行ã•れãŸé«˜æ ¡ãƒ¬ãƒ™ãƒ«ã®ã€æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ãƒ©ï¼’ã€‘ã®æ•™ç§‘書を用ã„ã€å®šæ€§çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚対象ã¯ã€ã€æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ2】教科書ã«ä»˜ã比較文化的ãªãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆã§ã‚る。データカードを文献展望を用ã„作æˆã—ãŸã€‚ã“ã®çµæžœã€12ç¨®é¡žã®æ¯”較文化的ãªãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆãŒèªã‚られãŸã€‚ãã®ãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆã¯ã€ç¤¾ä¼šåˆ¶åº¦ã€è¨€èªžã®æ§‹é€ ã€å¦æ ¡ã€è·æ¥ã€æ™‚é–“ã‚’æ£ç¢ºã«å®ˆã‚‹ç¿’æ…£ã€å°‚門知è˜ã€æŠ€è¡“力ã€è²¡ç”£ã€å¤©ç„¶è³‡æºã«é–¢é€£ã—ãŸã€‚ãã®ä¸ã§ã‚‚ã€ç‰¹ã«ç¤¾ä¼šåˆ¶åº¦ã®ãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆã¯æœ€å¤šã¨ãªã£ã¦ã„ã‚‹ã‚‚ã®ã ã£ãŸã€‚ã€æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ãƒ©ï¼’ã€‘æ•™ç§‘æ›¸ã«æ¯”è¼ƒæ–‡åŒ–ãŒæ˜Žç¤ºçš„ã«è¡¨ç¤ºã€4言語能力ã«ã¦çµ±åˆã€ãƒ¯ãƒ¼ã‚¯ã‚·ãƒ¼ãƒˆã«æ›¸ãç•™ã‚られるもã®ã§ã‚る。keyword : æ–‡åŒ–ã€æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ2ã€ç•°æ–‡åŒ–比較
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019