Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum 2016 berbasis KKNI pada mata kuliah dokkai chuukyuu di program studi pendidikan bahasa jepang undiksha Subjek dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah dokkai chuukyuu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) strategi yang digunakan dalam mata kuliah dokkai chukyu cenderung pada strategi bottom up (2) pada proses pembelajaran sudah berjalan secara sistematis dari mae sagyou (tahap awal), hon sagyou (tahap inti) dana ato sagyou (tahap akhir) (3) pelaksanaan pembelajaran menggunakan 3 variabel pembelajaran secara menyeluruh pada tingkat afektif, kognitif dan psikomotor. Kata Kunci : KKNI, Implementasi, Mata Kuliah Dokkai Chuukyuu æœ¬ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã‚¬ãƒãƒ¼ã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¦ç§‘日本語教育å¦éƒ¨èªè§£ä¸ç´šã«ãŠã„ã¦ã€å¦ç¿’ã®è¨ˆç”»ã€å®Ÿæ–½ã€è©•価 2016年度ã®ã‚«ãƒªã‚ュラムを実施ãŒã©ã®ã‚ˆã†ã«åˆ†æžã™ã‚‹äº‹ã§ã‚る。調査対象ã¯ã‚¬ãƒãƒ¼ã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¦ç§‘日本語教育å¦éƒ¨ã®èªè§£ä¸ç´šæ‹…当ã•れる教師ã‚る。書類åŽé›†ã®æ–¹æ³•ã¯è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€åŠã³ãƒ‰ã‚ュメンタリーã§ã‚る。åŽé›†ã•れãŸç¨®é¡žã¯å®šæ€§çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã•れãŸç‰©ã§ã‚る。分æžã•れãŸçµæžœã¯1èªè§£ã§ä½¿ç”¨ã—ã¦ã„ã‚‹å¦ç¿’æ–¹ã¯ãƒœãƒˆãƒ ã‚¢ãƒƒãƒ—ãŒæ¯”較的ã«å¤šã„。2授æ¥ã®æµã‚Œã¨ã—ã¦ã¯ã‚¹ãƒˆãƒ©ãƒ†ã‚¸ãƒ¼ã¨åŒæ§˜ å‰ä½œæ¥ã€æœ¬ä½œæ¥ã€å¾Œä½œæ¥ã‚‚ã‚る。3å¦ç¿’ã¯å¤§ãã3使用ã—ã¦ã„ã‚‹ãれã¯èªçŸ¥çš„ã€æ„Ÿæƒ…çš„ãŠã‚ˆã³ç²¾ç¥žé‹å‹•çš„ã§ã‚る。 keyword : インドãƒã‚·ã‚¢å›½å®¶è³‡æ ¼æž 組ã€å®Ÿæ–½ã€èªè§£ä¸ç´šã€‚
Copyrights © 2019