ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 5, No 2 (2017): ALIBKIN

PENINGKATAN SELF REGULATION DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII

Sifha NI Najmah (Universitas Lampung)
Yusmansyah Yusmansyah (Unknown)
Diah Utaminingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

The aim of this research was to identify whether the self regulation could be optimized by using group guidance service. The method used was quasi experimental method with one group pretest and posttest design. Technique in collecting the data was by using self regulation scale. The calculation result of Wilcoxon test showed that zoutput = - 2668 ztable = 6. then Ha is accepted and H0 is rejected. The conclusion of this result is self regulation can be increased by using group guidance service at the VIII grade students of SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung academic year 2015/2016.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bahwa self regulation siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest and posttest design. Teknik pengumpulan data adalah skala self regulation. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest self regulation menunjukkan bahwa z hitung = -2,668 z table = 6, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya adalah self regulation dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : bimbingan kelompok, bimbingan dan konseling, self regulation

Copyrights © 2017