ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 5, No 5 (2017): ALIBKIN

Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar

Nabilah Kartiyasa Utami (Universitas Lampung)
Yusmansyah Yusmansyah (Unknown)
Diah Utaminingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2017

Abstract

The problem of study was low learning motivation. The purpose of study was to identify the corelation between parenting pattern with learning motivation. The research method was using correlation. The samples were as many as 151 students. The data collecting technique used the parenting pattern scale and learning motivation scale. The data were analyzed using product moment corelation. The results of the study showed there was significant correlation between democratic parenting with learning motivation with rcount 0,382 and the value of p 0,010. The conclusion of study was there have a positif correlation between democratic parenting with learning motivation.Masalah penelitian ini adalah motivasi belajar rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar. Metode penelitian ini adalah korelasi. Sampel penelitian sebanyak 151 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang dan motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi 0,382 dan nilai p 0,010. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh orang tua demokratis memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi belajar.Kata kunci:hubungan, motivasi belajar, pola asuh orang tua

Copyrights © 2017