ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 6, No 2 (2018): ALIBKIN

Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa

Merry Andani (Unknown)
Yusmansyah Yusmansyah (Unknown)
Shinta Mayasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

The problem of this research was the student’s low social interaction. The problem of this research was whether group counseling service can improve social interaction in grade VIII students at SMP Negeri 4 Natar Lampung Selatan. The purpose of this study was to know that group guidance can be used to increase the student’s low social interaction in grade VIII students in SMP Negeri 4 Natar Lampung Selatan Academic Year 2016/2017. This research method was Quasi experimental with one group pretest-posttest design, and analyzed by using Wilcoxon test. The research subjects were 12 students of grade VIII in SMP Negeri 4 Natar Lampung Selatan who had low social interaction. The results showed that students' social interaction was improved after the provision of group guidance services. This was shown from the results of pretest and posttest test obtained Z output = -3.06 and Z table =1.645. Because Z output Z table then, Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of this research was group guidance service can be used to increase student’s social interaction in grade VIII in SMP Negeri 4 Natar, South Lampung academic year 2016/2017.Masalah penelitian ini adalah interaksi sosial siswa rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa bimbingan kelompok dapat  dipergunakan untuk meningkatkan interaksi sosial yang rendah  pada siswa  kelas  VIII  di  SMP  Negeri  4  Natar  Lampung  Selatan  Tahun  Ajaran  2016/2017.  Metode penelitian ini bersifat   Quasi experimental dengan desain one group pretest-posttest, dan dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian 12 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Natar Lampung Selatan yang memiliki interaksi sosial rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa mengalami peningkatan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji pretest dan posttest yang diperoleh Zhitung  = -3,06 dan Ztabel  =1,645. Karena Zhitung  Ztabel  maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Natar, Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: bimbingan dan konseling, interaksi social, layanan bimbingan kelompok

Copyrights © 2018