Jurnal Peluang
Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, Nomor 2, April 2016

PROSES BERPIKIR DAN RESPON BALIKAN MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KALKULUS INTEGRAL

Usman . (Unknown)
RM Bambang S (Unknown)
M Hasbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir dan respon balikan mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kalkulus integral. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester genap 2012/2013 program studi pendidikan matematika FKIP Unsyiah. Instrumen penelitian adalah tes dan lembar respon balikan. Teknik analisis data tes dilakukan dengan cara mencermati hasil kerja, menginterpreasi dan menyimpulkan. Respon balikan mahasiswa dideskripsikan hasil tulisan subjek tentang materi dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral adalah proses berpikir analitik dan sintesis. Respon balikan mahasiswa adalah umum pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik.Kata Kunci: Proses Berpikir, Respon Balikan, Pembelajaran Kalkulus Integral 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

peluang

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Peluang is a scientific journal in mathematics education including the advances of methods, approaches, and theories related to the mathematics teaching and learning. The scope of the journal includes: 1. The advances in mathematics teaching and learning 2. Theories, methods and approaches ...