Abstract: The main objective of this research is to compare studentsâ learning performance within two cooperatives learning approaches: jigsaw and STAD. The research was conducted in April and July 2012. Subjects were students at class IX IS SMA Negeri 1 Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir comprising 26 male students and 33 female students. The data of the reseach were analyzed using independent sample  t-test. The result shows that there is significant difference in learning performance between students who were taught in jigsaw cooperative learning and students who were taught in STAD cooperative learning. Abstrak: Penelitian bertujuan untuk membandingkan perbedaan hasil belajar pelajaran ekonomi siswa yang diajar melalui pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw dengan tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan bulan April sampai Juli 2012. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 59 orang siswa, terdiri 26 orang siswa laki-laki dan 33 orang siswa perempuan. Data dianalisis menggunakan independent sample  t-test. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif teknik STAD.
Copyrights © 2013