Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 4, No 3 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

DESKRIPSI PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DITINJAU DARI DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Lusi Armina (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Sugeng Sutiarso (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2016

Abstract

This research aimed to describe the Socrates contextual learning in terms of students disposition of mathematical conceptual understanding. The subjects of this research were students of VII C class of SMPN 19 Bandarlampung in academic year of 2015/2016. The data of this research were qualitative data of students disposition of mathematical conceptual understanding which were obtained by observation, interview, and documentation. The technique of data analysis used three stages, which were reducting, displaying, and getting the conclusion of data. Based on the result of this research, it was concluded that the indicator of disposition of mathematical conceptual understanding which appeared dominantly in Socrates contextual learning was self-confidence.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Socrates kontekstual ditinjau dari disposisi pemahaman konsep matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang disposisi pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa indikator disposisi pemahaman konsep matematis yang dominan muncul pada pembelajaran Socrates kontekstual adalah kepercayaan diri.Kata kunci: disposisi pemahaman konsep, kontekstual, socrates

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...