Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Qurrota Ayuni (Universitas Lampung)
Nurhanurawati Nurhanurawati (Unknown)
Pentatito Gunowibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2014

Abstract

This was a quasi-experimental research that aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of TAI type viewed by student’s understanding of mathematical concept as compared to conventional learning. The design of this research was posttest only control design. The population of this research was all students of grade eighth of Junior High School state 1 of Punggur. The samples of this research were VIII.8 class students as experimental class and VIII.6 class students as control class. The samples were taken by purposive sampling technique. Based on the result of hypothesis testing, it showed that the student’s understanding of mathematical concept who taught by TAI model was higher than conventional learning. The conclusion of this research was the learning model of TAI was more effective than conventional learning viewed by student’s understanding of mathematical concept.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui  efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model TAI lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran TAI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep matematis, TAI

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...