Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 10 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis ALQURUN Teaching Model pada Konsep Materi Perbandingan

Ajeng Octaningtias Hardani (Unknown)
Sugeng Sutiarso (Unknown)
Syarifuddin Dahlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2017

Abstract

This development research aims to (1) produce mathematics teaching materials for junior high school based on ALQURUN Teaching Model (ATM), (2) to know the effectiveness of the application it on comparative session concepts. This research design used 2 main stages that is preliminary (preliminary studies and instructional materials designing) and formative test (self-evaluation, expert testing, one to one, small group testing, and limited testing). The subject of this development research is the students grade VIII of Public Junior High School 4 Pringsewu Lesson Year 2016/2017. The research data is obtained through observation, interview, expert validation test and student's comprehension ability test of math concept. Data analysis uses the t-test and the effectiveness of N-Gain. The results showed that (1) ATM-based teaching materials for junior high school were classified as excellent (2) the implementation of teaching materials products were classified as quite effective.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar matematika SMP berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM), (2) mengetahui efektivitas penerapan produk bahan ajar pada konsep materi perbandingan. Desain penelitian ini menggunakan 2 tahapan utama yaitu preliminary (studi pendahuluan dan pendesainan bahan ajar) dan uji formatif (evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji terbatas). Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, uji validasi ahli dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data menggunakan uji-t dan keefektivan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk bahan ajar matematika SMP berbasis tergolong sangat baik (2) implementasi produk bahan ajar tersebut tergolong kategori cukup efektif.Kata kunci: pemahaman konsep, bahan ajar, ATM.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...