This quasi experimental research aimed to know the influence of realistic mathematics education towards student’s conceptual understanding of mathematics. Posttest only control grup design was used in this research. The population was all students of grade 8th of SMP Negeri 2 Bandarlampung, even semester, in the academic year 2012/2013. Samples were students of VIII 2 as control class and VIII 3 as experiment class that was determined by purposive random sampling technique. Based on data analysis, student’s conceptual understanding of mathematics by realistic mathematics education was better than conventional learning. So, it was concluded that realistic mathematics education influences student’s conceptual understanding of mathematics.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan matematika realistik lebih dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.Kata kunci : pemahaman konsep matematika, pendekatan matematika realistik, pengaruh
Copyrights © 2013