Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 3 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Pengembangan LKPD Berbasis Multiple Intellegences untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Dwi Sumarno (Unknown)
Caswita Caswita (Unknown)
Suharsono Suharsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2017

Abstract

The purpose of this research is to develop students worksheet based on multiple intellegences that is valid, practice and effective to improve students mathematical communication ability. This research follows Borg and Gall research. Data collection techniques in this research used are validation expert, the respons of students and mathematical communication ability test. The subject of research is students at the first semester of the 8th class at MTs N 4 Lampung Selatan in 2016/2017. Based on the analysis of data validation shows that the students worksheet by instructional design expert, material experts and students worksheet have good results. The respons of students over the students worksheet are easy to used and very interesting. The results obtained showes that the worksheets developed by learners can improve communication skills of learners based on minimum criteria of mastery learning and mathematical communication ability test. The results show that students worksheet based on multiple intellegences are valid, practice and effective to improve students mathematical communication ability.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligences yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengikuti prosedur penelitian pengembangan Borg Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah validasi ahli, respon peserta didik dan tes kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester ganjil MTs N 4 Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data validasi LKPD oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memiliki validitas yang baik. Respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat baik yaitu sangat menarik dan mudah digunakan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dilihat dari pencapaian KKM dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligences yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, LKPD, Multiple intelligences

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...