Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 6 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Rahmad Aditya (Unknown)
Nurhanurawati Nurhanurawati (Unknown)
M. Coesamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2013

Abstract

This quasi experimental research aims to know the influence of cooperative learning model of TPS type towards student’s mathematical conceptual understanding in eighth grade students of even semester junior high school state 26 Bandar Lampung. The samples are VIII F as experiment class and VIII C as control class that are obtained by purposive sampling technique. The design research is posttest only. The data of research is student’s mathematical conceptual understanding that is obtained by test.  The average value of student’s mathematical conceptual understanding of the TPS class is better than conventional class. It concludes that cooperative learning model of TPS type has influence towards student’s mathematical conceptual understanding in eighth grades students of junior high school state 26 Bandar Lampung.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung.  Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol.  Desain penelitian ini menggunakan post-test only.  Data penelitian pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes.  Rata-rata pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata pemahaman konsep matematis siswa pada kelas kontrol.  Hal ini memberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS  di kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis.                                                          Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, TPS

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...