Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 6, No 7 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Nimas Rahayu (Unknown)
Rini Asnawati (Unknown)
Haninda Bharata (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

This quasi experimental research aimed to find out the implementation of discovery learning to improvestudent’s mathematical concept comprehension. The population in this research is the entire class VIII students of SMP Tri Sukses Natar years lessons 2017/2018 distributed in 4 class. The sample of this research was a Class VIII-C and VIII-D are chosen by purposive sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Research data obtained through mathematical concept understanding ability test students. Statistical tests are used namely test . Based on the results and working through of research, the conclusion of the research is implementation of discovery learning model can improve to student’s mathematical concept comprehension. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui mengetahui peningkatan pemahaman konsep dengan diimplementasikan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih dengan  teknik purposive sampling. Design penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu uji . Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: discovery learning, pemahaman konsep matematis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...