Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 6 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS

Khairuntika Khairuntika (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Sri Hastuti Noer (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2014

Abstract

This quasi experimental research aimed to know the increasing of student’s mathematical representation skill which used TSTS cooperative learning compared to discuss learning. The population of this research was all grade eight students of Al-kautsar Junior High School of Bandar Lampung with samples were students of VIIIC and VIID class which were taken by purposive random sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical representation skill. The conclusion of this research was TSTS cooperative learning could increase the student’s mathematical representation skill.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TSTS dibandingkan pembelajaran diskusi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung dengan sampel siswa kelas VIII C dan VIII D yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif TSTS dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.Kata kunci: diskusi, representasi matematis, TSTS

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...