Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Rini Musdika (Unknown)
Cas wita (Unknown)
Rini Asnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2013

Abstract

Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memberi pengalaman belajar pada siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran yang telah dipelajari. Pembelajaran TPS terdiri dari beberapa tahapan yaitu berfikir secara individu (think), berdiskusi dengan pasangannya (pair) dan berbagi dengan seluruh kelas (share). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Page-laran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 316 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan post-test control design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: Pengaruh, TPS, Pemahaman Konsep Matematis

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...