Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SIWA

Antoni Antoni (Unknown)
Rini Asnawati (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2013

Abstract

This quasi experimentalresearch aims to knowthe effectivenes of cooperative learning of Student Teams Achievement Division(STAD) type considered by student’s mathematicalconceptual understanding. This reseach uses apretest-posttest control groupdesign. The population ofthis research was eighth grade students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in the academic year2012/2013 as many as 320 students who distributed into nine classes. Sample was taken by purposive sampling. Based on data analysis, it was gotten that gain of student’s mathematical conceptual understanding of in cooperative learning of STAD type was as same as conventional learning, and also the study completeness percentage in cooperative learning of STAD type doesn’t reach the target. The conclusion was cooperative learning STAD type was not effective considered by student’s mathematical conceptual understanding. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk me­nge­tahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipeStudent Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari pema­haman konsep matematis siswa.  Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design.  Populasi dalam pene-itian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 320 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas.  Sampelpenelitian diambilmenggunakan teknik purposive sampling.  Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa peningkatan pemahaman kon­sep matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD sama dengan peningkatan  pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran konvensionaldanpersentase ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak mencapai target. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.Kata Kunci : efektivitas, pemahaman konsep matematis, STAD

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...